Minggu, 06 Desember 2015

4 Kuliner Bakmi Jawa di Semarang

4 Kuliner Bakmi Jawa di Semarang
Bakmi jawa atau yang biasa disebut mi jawa adalah olahan bakmi rebus (bakmi godhog dalam bahasa jawa) yang dimasak dengan bumbu khas jawa. Bakmi jawa identik dengan bakmi rebus, namun sebenarnya terdapat variasi olahan berupa mi goreng dari bakmi jawa.
Bakmi jawa biasanya dimasak dengan peralatan yang masih terbilang tradisional, yaitu di atas tungku yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan api yang berasal dari arang. Konon katanya api hasil pembakaran arang ini memiliki panas yang lebih merata sehingga memiliki cita rasa yang khas dibanding dengan kompor gas modern. Selain itu untuk menjaga kualitas makanan, juru masak tidak memasak semua pesanan dalam satu penggorengan yang besar. Namun pesanan dimasak satu persatu dalam wajan yang kecil, oleh karena itu biasanya diperlukan waktu tunggu yang lumayan lama untuk menyajikan masakan ini. Makanan ini banyak kita jumpai di daerah Yogyakarta, dan kota-kota lainnya di Jawa Tengah seperti Semarang, Magelang, Muntilan, dan kota lainnya. Berikut ini beberapa rekomendasi bakmi jawa yang ada di Kota Semarang .


1. Pak Gareng
Bakmi jawa yang terletak di Jl. Wot Gandul Dalam No.173 Semarang ini terkenal dengan nama bakmi jawa Pak Gareng. Letaknya berada di sebuah rumah kecil yang tak terlalu jauh dari pusat kota, dan memiliki tempat duduk yang tak terlalu banyak. Bakmi jawa yang buka dari jam 11.00 s/d 24.00 biasanya ramai pengunjung pada malam hari. Pengunjungnya pun tak tanggung-tanggung, mulai dari artis hingga pejabat pun pernah mencicipi makanan di tempat ini. Menu yang ditawarkan sangat bervariasi, yaitu bakmi goreng/rebus, bihun goreng/rebus, bakmi campur goreng/rebus, nasi goreng/rebus, nasi ruwet, dan sate ayam.
2. Pak Doel Nomani
Bagi sebagian warga Semarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan bakmi djawa Pak Doel Noemani. Bakmi jawa ini terletak di Jl. Thamrin No. 4 Semarang (depan kantor Pertamina Semarang) dan memiliki 2 cabang yang beradai pada Jl. Pemuda No. 117 Semarang ( Depan Mall Paragon City Semarang) serta Jl. Pemuda No.145 Semarang (depan kantor Balaikota Semarang). Walaupun telah memiliki 2 cabang namun bakm jawa Pak Doel Noemani masih terlihat selalu ramai pengunjung. Menu makanan yang ditawarkan antara lain, bakmi godog/goreng/nyemek, bihin godog/ goreng/nyemek, nasi godog/goreng, nasi ruwet, dan bakso.
3. Bung John (belakang Gereja Isa Almasih Pringgading)
Sebagai pecinta kuliner dan bingung untuk mencari panganan di daerah semarang tengah, tidak ada salahnya untuk mencoba bakmi jawa Bung John. Bakmi jawa ini terletak di Jl. Karang Wulan (belakang Gereja Isa Almasih Pringgading Semarang). Dari segi harga mungkin terkesan agak lebih mahal, namun sebanding dengan cita rasa yang disajikan.
4. Pak Ateng
Bakmi Jawa Pak Ateng terletak di Jl. Ki Mangun Sarkoro (depan kantor Perindustrian Semarang). Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Semarang. Biasanya setelah lelah berwisata dan bermain di kawasan bundaran simpang lima anda akan terasa lapar, maka bakmi jawa Pak Ateng adalah pilihan yang tepat untuk santap malam anda. Cukup 5-10 menit dari Kawasan Simpang Lima Semarang anda dapat menemukan kuliner ini. Tempat makan ini buka dari jam 17.00 WIB. Menu yang ditawarkan antara lain, bakmi godog/goreng/nyemek, bihun godog/ goreng/nyemek, nasi goreng, nasi ruwet, dan beberapa jajanan pelengkap sperti sate dan lainnya.
Nah, sudah siap untuk mencicipi bakmi jawa? tunggu apalagi? Langsung saja meluncur ke kota Semarang.

http://cumibunting.com/4-kuliner-bakmi-jawa-di-semarang/#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar